Sumber: https://coolprogeny.com/2020/03/cool-fun-at-home-world-storytelling-day/

Salah satu program rutin yang dilakukan oleh pihak DPPM (Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dari Universitas Muhammadiyah (UMM) ialah mendanai kegiatan Pengabdian Masyarakat setiap 1 tahun sekali. Hal ini pun sudah menjadi aktivitas rutinan baik bagi mahasiswa maupun para dosen.

Pengabdian di PAUD Terpadu Surya Gemilang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dapat digunakan oleh dosen dalam menjalankan beberapa proyek terkait dengan bidang keahliannya. Saya, Agista Nidya Wardani, M.A bersama Kharisma Naidi Warnanda, M.Pd, sebagai anggota program, dan Triastama Wiraatmaja, M.Si, sebagai ketua program, sedang menjalankan Pengabdian Masyarakat di PAUD Terpadu Surya Gemilang yang fokus bidikannya tentunya adalah anak-anak.

Suasana belajar di PAUD Terpadu Surya Gemilang; Sumber: https://www.instagram.com/p/B3_BNSFpLbS/

Isi Buku Let’s Respect Each Other: A Story Telling Book of Character Education

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan kami menulis cerita berbahasa Inggris dalam sebuah buku berjudul Let’s Respect Each Other: A Story Telling Book of Character Education.

Isi dari buku tersebut menceritakan bagaimana tokoh utama akan membangun sikap saling menghormati dan menghargai kepada lingkungan di sekitarnya, terutama pada orang tua dan teman-temannya dimana menjadi support system terdekatnya. Tentu, sikap seperti ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di usia emas seperti mereka.

Manfaat Storytelling untuk Anak PAUD

Program story telling bagi anak-anak PAUD di Terpadu Surya Gemilang ini memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  1. Mengenalkan Bahasa Inggris di Usia Dini

Sebagian orang tua ingin mengenalkan Bahasa Inggris kepada sang buah hati, terutama ketika mereka masih berada di usia PAUD sekitar 3 sampai 4 tahun. Program story telling dengan buku Let’s Respect Each Other: A Story Telling Book of Character Education ini mampu mengenalkan Bahasa Inggris di usia yang masih dini meskipun kebanyakan dari mereka merasa asing dengan hal tersebut. Harapannya seiring berjalannya waktu, anak-anak ini memiliki ketertarikan tersendiri terhadap dunia baru.

  1. Pendidikan Karakter di Usia Emas

Pendidikan karakter untuk menghormati orang lebih tua dan menghargai sesama teman sebaya masih menjadi salah satu “pekerjaan rumah” bagi orang tua dan guru anak-anak di usia PAUD. Program story telling bertemakan respect each other tentu mampu membuat mereka secara tidak langsung akan mengaplikasikannya.

Salah satu program Pengabdian Masyarakat yang sedang saya dan tim fokuskan memang berfokus pada bagaimana membangun karakter bagi anak-anak di PAUD Terpadu Surya Gemilang. Harapannya agar mereka bisa mengenal Bahasa Inggris dan sekaligus belajar untuk bercerita mengenai perasaannya.